Polsek Sedati

KAPOLSEK SEDATI BERSAMA ANGGOTA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 2018

Kapolsek Sedati AKP I GUSTI MADE MERTA, SH bersama Anggota Polsek Sedati mengucapkan Hari Santri Nasional 2018.. "BERSAMA SANTRI DAMAILAH NEGERI", dihalaman Mapolsek Sedati, Senin (22/10/18).

Dalam menyambut hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2018 gambar dengan tema hari santri nasional. Kata santri adalah sinonim dari siswa atau murid di mana laki-laki disebut santriwan (santriyin) dan perempuan disebut santriwati (santriyah). Istilah santri juga terbagi menjadi dua, yaitu santri mukim dan santri kalong. Santri mukim adalah pelajar yang menetap di pondok pesantren selama ia belajar dan santri kalong adalah pelajar yang menimba ilmu pada Kyai dengan tanpa menetap di pondok pesantren yang sang guru.

Setiap pondok pesantren memiliki karakter kedisipilan masing-masing dari mulai yang bergaya klasik atau salafi dan sarungan hingga yang bergaya modern dengan berbagai fasilitas kekinian seperti lab bahasa, lab komputer dan tata usaha.

Tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai peringatan Hari Santri Nasional. Ketetapan peringatan hari Santri Nasional ini tentunya menjadi catatan sejaran bagi kalangan pondok pesantren khususnya dan umumnya bagi yang bergelut di dunia pendidikan islam. Ketetapan ini juga sekaligus menjadi pertanda bahwa pemerintah telah benar-benar mengakui bahwa santri memiliki peran besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai hari Santri Nasional adalah merujuk pada sejarah masa perjuangan kemerdekaan Indonesia pada masa itu terkait dengan resolusi jihad yang diserukan tokoh ulama besar sekaligus pendiri organisasi islam NU, KH. Hasyim Asy’ari “Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu“.

Pada peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober ini tidak ditandai dengan warna merah alias tidak libur dan aktivitas sekolah, kantor atau kegiatan lainnya tetap berjalan seperti hari aktif biasanya.